Kamis, 16 Juni 2016

TENTANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM)


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM) adalah salah satu universita swasta yang ada di Indonesia. UMM merupakan universitas yang sudah terakreditasi A. UMM sudah berdiri sejak lama yaitu pada tahun 1964. UMM awalnya adalah cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta tetapi pada 1 Juli 1968 UMM resmi berdiri sendiri dan terpisah dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta. UMM merupakan universitas muhammadiyah terbesar di Jawa Timur dan termasuk dalam salah satu Universitas terkemuka di Indonesia
UMM mempunyai 3 kampus. Kampus I berada di jl Bandung I dan sekarang dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana, kampus II berada di jl Bendungan Sutami 188 A, sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan dan kampus III berada di Jalan Raya Tlogomas 246, dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas. Saat ini UMM mempunyai 12 Fakultas dan 44 Jurusan. 12 fakultas tersebut antara lain yaitu Agama Islam, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Politik, Kedokteran, Keguruan & Ilmu Pendidikan, Pertanian dan Peternakan, Psikologi, Teknik, Pascasarjana, Program Doktor.
UMM banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa, baik beasiswa yang bersumber dari dalam maupun luar kampus. Penerimaan beasiswa dilakukan melalui seleksi khusus dengan beberapa kriteria yang dilakukan universitas dengan rekomendasi program studi. Mahasiswa diseleksi berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa. Beasiswa tersebut antara lain SUPERSEMAR, BBM, PPA, DJARUM, TOYOTA & ASTRA, PKPS-BBM, ALUMNI, TPSDP BATCH 1, TPSDP BATCH 2, TPSDP BATCH 3, TPSDP BATCH 4, SKRIPSI, PPL/PKL, BPM, YATIM PIATU, PPUT/ PPKU, Saudara Kandung, Kader Persyarikatan, DAMANDIRI, GAPEROMA, B. Persyarikatan, PPA Baru, PPE, BBM Baru, Akibat Bencana, Bantuan Khusus Mahasiswa, Mahasiswa Berprestrasi Depag, Pemkot Balikpapan, Perluasan Akses PHKI, Potongan DPP 50%.
Selain beasiswa, UMM juga menyediakan peluang bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti beberapa program internasional dengan syarat mempunyai prestasi akademik dan minat bakat yang baik. UMM adalah satu-satunya universitas yang dari Indonesia yang berhasil masuk dalam konsorsium Erasmus Mundus. sudah banyak mahasiswa yang berprestasi yang berhasil mengikuti program pertukaran mahasiswa ke beberapa universitas terkemuka di Eropa melalui skema Erasmus Mundus.
Selain itu, mahasiswa UMM mempunyai kesempatan untuk menjadi karyawan paruh waktu sebagai  staf administrasi maupun staf teknis di seluruh unit kerja yang membutuhkan. Mahasiswa paruh waktu  akan memperoleh insentif bulanan dan uang transport mingguan sesuai standar yang sudah ditetapkan. Durasi kontrak kerja dibuat tiap semester, dan apabila prestasi kerjanya bagus, maka mereka dapat diperpanjang untuk semester berikutnya.  Bahkan beberapa dari mahasiswa yang kerja paruh waktu ini diangkat sebagai staf tetap di unit kerja setelah lulus.
Selain menjadi universitas terkemuka, tentunya UMM juga mempunyai ciri khas, yaitu UMM juga disebut dengan  Kampus Putih, jas almamater UMM berwarna merah marun, warna bendera UMM berwarna biru muda dengan warna logo Kuning Keemasan, dan judul lagu UMM adalah Sang Surya, Hymne Universitas Muhammadiyah, Mars Universitas Muhammadiyah, Bakti Mahasiswa, Mars Kader.
Setiap PT pasti mempunyai visi dan misi baik itu PTS atau PTN, begitu juga dengan UMM. Universitas Mihammadiyah Malang mempunyai visi dan misi yaitu,
Visi : Menjadikan Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.
Misi : Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah. Menyelenggarakan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah khasanah. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEKS.
ARTI LAMBANG UMM :

MATAHARI BERSINAR 12 : Organisasi Muhammadiyah berdiri 1912
DUA KALIMAT SYAHADAT : Sebagai Ikrar dalam ajaran Islam, yaitu kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Pengakuan Muhammad sebagai utusan Allah
PADI DAN KAPAS : Bermaksud memperjuangkan adil dan makmur berupa sandang dan pangan serta tabiat seperti padi ”Semakin berisi semakin merunduk”

è Kampus III UMM








è Kampus II UMM



è Kampus I UMM




Tidak ada komentar:

Posting Komentar