Kamis, 16 Juni 2016

KEMAJUAN TEKNOLOGI



kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Seperti yang kita ketahui,  teknologi sangat penting untuk kehidupan manusia untuk mempermudah pekerjaan manusia.  Teknologi sudah ada sejak dulu,teknologi berkembang perlahan-lahan sampai sekarang. kebutuhan manusia dengan teknologi saat ini di dukung  dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat.
Pemanfaatan teknologi  dimulai saat teknologi itu sendiri dianggap sebagai media yang dapat menghemat  biaya ,misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain-lain yang cenderung tidak efisien. Saat ini dengan bantuan komputer atau laptop kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak sehingga lebih effisien.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, manusia mulai melihat kelebihan lainnya, seperti surat menyurat. Dulunya orang-orang berkomunikasi dengan teman jauh lewat surat yang di tulis langsung di kertas, namun sekarang karena perkembangan teknologi kita bisa berkomunikasi dengan teman jauh melalui handpone ataupun mengirim surat melalui e-mail (surat elektronik).
Dulu hanpone hanya sebuah alat komunikasi nirkabel, tetapi sekarang dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang handpone bisa digunakan untuk membuat video, berfoto, mendengarkan musik, bahkan bisa digunakan untuk mengakses internet.
Dengan perkembangan teknologi saat ini kita juga bisa mengetahui informasi-informasi tentang dunia tanpa harus bepergian jauh untuk mensurvei nya, melalui search engine kita bisa mengetahui informasi terbaru atau sejarah-sejarah yang ada di dunia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari , karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalammelakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat dari perkembangan teknologi. Namun demikian, walaupun pada awalnya teknologi diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga bisa memungkinkan digunakan untuk hal-hal yang  negatif. Banyak sekali remaja-remaja bahkan anak dibawah umur yang menyalahgunakan jaringan  teknologi informasi (internet) dengan mengakses sesuatu yang berbau pornografi, padahal semua itu sangat tidak wajar bagi para pengguna khususnya para siswa untuk memanfaatkan internet dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif. Padahal membuka hal-hal yang seperti itu sangat tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan dalam bidang pendidikan. Hal-hal yang seperti ini bisa membahayakan seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan.
Teknologi saat ini bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang, sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke arah yang salah yang disebabkan oleh penyalah gunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri , jadi tergantung ke arah mana kita menjalankannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar