Kamis, 16 Juni 2016

KEBUDAYAAN, MASAKAN KHAS, CIRI KHAS DAERAH SUMBAWA

Negara Indonesia memiliki berbagai macam budaya dan suku bangsa.  Kebudayaan tersebut sudah sejak lama di lakukan oleh masyarakan-masyarakat itu sendiri secara turun temurun. Dari sekian banyak budaya  dan suku yang ada di Indonesia, salah satunya adalah kebudayaan suku  Sumbawa. Daerah Sumbawa juga mempunyai budaya yang  sangat menarik yang sudah dilakukan sejak lama oleh orang-orang sumbawa  terdahulu  sebelum kita. Orang Sumbawa biasanya di sebut juga denga TAU SAMAWA. Beberapa Kebudayaan dan adat istiadat yang ada  di daerah Sumbawa antara lain :

è NYORONG



Nyorong merupakan upacara seserahan sebelum pernikahan yang dilakukan oleh pihak laki-laki berupa barang atau uang sesuai permintaan dari pihak perempuan dan sesuai kesepakatan yang telah dilakukan bersama oleh pihak laki-laki maupun pihak  perempuan.  Upacara nyorong  itu sendiri dilakukan setelah lamaran atau yang sering orang Sumbawa sebut dengan BAKATOAN. Jika si laki-laki tersebut diterima oleh pihak wanita, maka akan di lanjutkan dengan BASAPUTIS. Dalam acara basaputis ini akan di tentukan hari atau kapan acara selanjutnya akan dilakukan, termasuk hari upacara nyorong tersebut.

è MAIN JARAN

Daerah Sumbawa memiliki salah satu permainan yang sangat  menarik dan merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang mereka. Permainan tersebut adalah Pacuan Kuda atau yang sering orang Sumbawa sebut dengan MAIN  JARAN. Main jaran adalah sebuah permaina yang dilakukan oleh seorang yang mempunyai keahlian memacu kuda.  Orang yang memacu kuda tersebut biasanya disebut JOKI. Orang yang menjadi Joki itu harus mempunyai berat badan yang ringan agar kuda bisa berlariri dengan kencang, oleh karena itu orang yang biasanya menjadi joki adalah anak kecil yang sudah  mempunyai  keahlian  memacu kuda.

è BARAPAN KEBO



Selain main jaran, barapan kebo juga termasuk dari salah satu permainan yang menarik di Sumbawa. Permaina barapan kebo di lombakan di dalam sawah yang berair agar disesuaikan dengan habitat kerbau yang suka berada di lumpur. Barapan kebo merupakan tradisi yang dilakukan sebelum masa tanam, sesudah masa panen. Berapan kebo di lakukan karena atas rasa syukur masyarakat atas hasil panennya dan untuk menggemburkan tanah yang akan ditanam tersebut.
MAKANAN KHAS DAERAH SUMBAWA

è SEPAT


Sepat adalah salah satu makanan khas dari daerah Sumbawa. Masakan sangat mudah di buat, kuah sepat di buat dari   terong, mangga muda, daun aru dan ketimun belimbing wuluh, tomat, kemiri dan asam Sumbawa, sedang untuk  isi dari sepat itu sendiri adalah ikan bakar dan udang, tetapi anda bisa mengganti ikan dan udang dengan ayam bakar atau telur, sesuai selera anda.

SINGANG


Singan adalah masakan dari Sumbawa yang kuahnya berwarna kuning. Isi dari singang biasanya adalah ikan yang masih segar-segar, sedangkan kuah dari singang itu sendiri dibuat dengan berbagai macam rempah,yang membuat kuah singang berwarna kuning adalah karena kuah singang tersebut ditambahkan kunyit. Dilihat dari tampilannya saja singang sangat menggugah selera, anda akan menjadi ketagihan jika mencicipinya sekali saja.

è GECOK


Bahan utama gecok adalah daging dan jeroan sapi.  Gecok biasanya hanya bisa di jumpai ketika pesta adat berlangsung.  Gecok sendiri  rasanya sangat garing, renyah, dan gurih.

è PECEL ARU


Pecel aru adalah masakan yang dibuat dengan daun aru. Daun aru adalah sayuran hijau yang memiliki struktur seperti daun kelor. Daun aru memiliki rasa yang khas dan setiap pengolahan daun ini Anda tidak perlu memasaknya karna daun ini bisa langsung di santap. Bahan dari pecel aru adalah daun aru mentah, kecambah, kelapa parut yang sudah dibakar, bawang merah bakar, kemiri bakar, cabe .

CIRI KHAS DAERAH SUMBAWA
è ISTANA DALAM LOKA


Istana dalam loka adalah bangunan yang sudah tua yang dibangun sekitar tahun 1885 M. istana dalam loka terbuat dari kayu. Sekarang istana dalam loka di buat sebagai museum tempat penyimpanan benda-benda bersejarah daerah Sumbawa. Yang membuat unik istana dalam loka tersebut adalah jumlah tiangnya yang berjumlah 99 buah, sama seperti jumlah Asma’ul Husna.

è BALA KUNING


Bala Kuning merupakan rumah tempat tinggal keluarga Sultan Sumbawa.  Sesuai dengan namanya, Bala Kuning yang dibangun sekitar tahun 1784 ini memiliki ornamen warna kuning. Di Bala Kuning  terdapat Al Qur’an ukuran besar tulisan tangan karya Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat pada sekitar tahun 1784.

è SUSU KUDA LIAR


Sesui dengan namanya, susu  kuda liar adalah susu yang berasal dari kuda yang dilepas di hutan atau di gunung. Kandungan susu kuda liar hampir sama seperti susu sapi atau hewan lainnya, namun susu kuda liar ini punya keuggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar